Pages

Selasa, 28 Januari 2014

10 Manfaat Hutan yang Harus Kita Syukuri

hutan

Ketika anda berkumpul dengan keluarga dan teman-teman untuk menikmati makanan hangat di sebuah acara liburan, rencana anda mungkin terfokus pada duduk mengelilingi sebuah meja, di depan televisi menonton pertandingan besar, atau di dalam pusat perbelanjaan.
Tapi, anda mungkin berharap sesekali menghabiskan akhir pekan anda untuk berjalan-jalan di hutan. Bisa juga mengunjungi sebuah perkebunan dengan banyak pohon rindang di dalamnya atau mungkin taman kota untuk sekedar menghirup udara segar. Udara segar dapat menyegarkan dan dapat membantu memfokuskan kembali hal-hal yang perlu anda lakukan di liburan anda.
Bahkan jika kita tidak tinggal di dekat hutan, kita semua merasakan manfaat dari oksigen untuk pernapasan kita yang diberikan pohon setiap hari. Dibawah ini adalah 10 alasan mengapa kita harus bersyukur kepada hutan:
1. Menyerap dan menyimpan karbon – Karena pohon menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi kayu, di mana karbon tetap terikat selama ratusan atau bahkan ribuan tahun, hutan merupakan bagian penting dari sistem iklim bumi. Pohon yang tumbuh menyerap CO2 dari atmosfer dan menyimpannya dalam akar, daun, dan tanah hutan.
2. Rumah bagi orang-orang – Tiga ratus juta orang di seluruh dunia secara aktif hidup di hutan dan tergantung pada mereka secara langsung sebagai sumber makanan, obat dan mata pencaharian.
3. Sumber pekerjaan dan mata pencaharian – Lebih dari 1 miliar orang di seluruh dunia bergantung pada hutan sampai batas tertentu untuk mata pencaharian mereka, menurut Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa. Sekitar 60 juta masyarakat adat sepenuhnya tergantung pada hutan untuk semua aspek kelangsungan hidup mereka. Dan sekitar 10 juta orang yang dipekerjakan dalam pengelolaan hutan dan konservasi di seluruh dunia.
manfaat hutan
4. Sebagai bahan untuk furniture, kertas, kayu bakar dan produk lainnya – Sekitar 30 persen dari hutan dunia digunakan untuk produk kayu dan produk non-kayu (seperti makanan, damar, obat-obatan, dll).
5. Habitat untuk mamalia, burung, serangga – Hutan adalah rumah bagi hampir setengah dari spesies di dunia, dengan beberapa keanekaragaman hayati terkaya ditemukan di hutan tropis. Serangga dan cacing membantu siklus nutrisi tanah. Banyak spesies langka yang terancam punah, seperti orangutan, gorila dan panda, tergantung pada keberadaan hutan lindung.
6. Mencegah banjir – Selama musim hujan, hutan dataran rendah membantu penyerapan air dan memperlambat aliran air, mencegah kerusakan tanah, properti dan bangunan. Hutan dataran rendah juga merupakan habitat yang spektakuler untuk berbagai satwa liar.
7. Konservasi tanah dan air – Pohon merupakan bagian penting dari siklus air. Dengan membantu memperlambat arus, memungkinkan air untuk terserap ke dalam tanah. Hutan dapat melestarikan persediaan air tanah yang sangat berguna baik itu untuk manusia sebagai air minum, maupun untuk ikan dan kehidupan air lainnya di dekat sungai. Pohon juga membantu menahan tanah tetap pada tempatnya, mengurangi erosi oleh air dan angin.
manfaat hutan
8. Mengatur iklim regional – Ketika pohon ditanam di kota-kota, mereka dapat membantu meringankan efek “pulau yang panas” dengan menyediakan naungan untuk rumah dan bangunan serta mengurangi penggunaan energi untuk pendingin udara di musim panas. Bila ditanam dengan strategis, mereka dapat memberikan hambatan angin yang efektif. Hutan besar juga berperan dalam pola cuaca, curah hujan dan iklim mikro. Hutan hujan Amazon, misalnya, mereka berperan dalam terjadinya hujan yang teratur untuk tanah di selatan, yang merupakan daerah pertanian produktif dan diperkirakan juga meningkatkan curah hujan di Great Plains Amerika Serikat.
9. Keindahan alam – pohon dan hutan merupakan sumber inspirasi manusia dan kenikmatan – bahkan jika dilihat dari jauh. Pohon adalah simbol kehidupan, dan di zaman modern ini, semua manusia bergantung pada pohon sebagai penopang lingkungan. Sebuah polling oleh The Nature Conservancy menunjukkan bahwa lebih dari 90 persen orang Amerika melaporkan bahwa pohon memberi mereka perasaan damai dan ketenangan.
10. Aktivitas outdoor – Kawasan hutan lindung dan taman kota seringkali digunakan untuk menjadi ruang bagi bermacam kegiatan yang bermanfaat seperti olahraga (hiking, bersepeda), bird-watching, rekreasi, pariwisata atau kegiatan pendidikan. Berjalan di hutan pun bisa menjadi sumber pembaruan spiritual bagi banyak orang, melalui suara angin yang melewati pepohonan, suara burung hantu, gemerisik hewan kecil atau daun kering yang bergesekan.

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Blogger Templates